Sejumlah Instansi Teken Kerjasama Tingkatkan Pelayanan di MPP Kebumen
KEBUMENKAB.GO.ID - Sejumlah instansi yang membuka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kebumen.
Penandatanganan PKS antara keduanya dilaksanakan di Pendopo Kabumian, Rabu (15/3). Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, jajaran Forkompimda, pimpinan OPD dan Camat.
Kepada DPMPTSP Dyah Woro Palupi menyatakan, kegiatan ini diadakan sebagai dasar pelayanan oprasional para instansi yang melaksanakan pelayanan publik di MPP. Sekaligus sebagai upaya peningkatan pelayanan publik di MPP agar semakin bermutu, transparan, dan mudah diakses.
"Tadi ada sembilan OPD yang melakukan PKS, kemudian ada juga sejumlah instansi vertikal yang juga menyelenggarakan pelayanan di MPP, baik itu perusahaan BUMD, BUMN, BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan juga lembaga negara lain," tuturnya.
Dengan adanya kerjasama ini, pihaknya memastikan semua pelayanan di MPP gratis, mudah dan cepat.
"Di MPP ini banyak sekali menyediakan pelayanan, dari pembuatan paspor, KTP, BPJS, Samsat untuk pajak motor, kemudian PLN, PDAM, dan masih banyak layanan perizinan yang disediakan. Semua gratis," tuturnya.
Sementara itu, Bupati Arif menyampaikan, hadirnya MPP merupakan salah satu terobosan Pemerintah dalam menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, tepat, dan murah.
"MPP diselenggarakan dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada ke dalam satu tempat dan sistem. Di sini jelas bahwa MPP menjadi ujung tombak pelayanan publik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sebagai wujud nyata pelaksanaan reformasi birokrasi," tutur Bupati.
Bupati menuturkan, sejak diresmikan tanggal 20 Desember 2019 lalu, Kabupaten Kebumen termasuk salah satu dari tiga MPP pertama yang berdiri di Provinsi Jawa Tengah, dan ada 24 instansi vertikal dan Perangkat Daerah yang tergabung untuk memberikan pelayanan di MPP Kebumen. Jumlah kunjungan mencapai 35 ribu orang setiap tahunnya.
"Oleh karena itu, melalui momentum ini, saya mengajak kepada seluruh Instansi dan jajarannya serta seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen yang melaksanakan pelayanan publik untuk bersinergi dan meneguhkan komitmen bersama melalui pelayanan dik mall pelayanan publik," jelasnya.
Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Musta')in menyambut baik diadakannya PKS di MPP ini. Dengan adanya kerjasama ini, pihaknya bersama instansi yang lain sudah punya legal formal yang kuat dalam memberikan pelayanan publik di MPP.
"Alhamdulillah ini sangat baik, karena dengan PKS ini kita secara legal sudah punya dasar yang kuat dalam memberikan pelayanan di MPP. Harapannya tentu pelayanan yang diberikan dari kami bisa semakin meningkat dan bermutu, mudah, cepat, gratis," tandasnya. (al/dp)