Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Jembatan Komunikasi Pemerintah Daerah dan Masyarakat

 

KEBUMENKAB.GO.ID - Pengelolaan informasi dan dokumentasi melalui media sosial website maupun facebook memiliki peran penting sebagai jembatan komunikasi antara Pemerintah Kabupaten-Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Demikian salah satu point penting yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Cokro Aminoto S.IP, M.Kes, narasumber dalam sosialisasi yang digelar di aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Senin (20/3).

Dalam sosialisasi tersebut juga diungkap bahwa pengelolaan informasi dan dokumentasi melalui website dan facebook masing-masing OPD, masyarakat dapat cepat mendapatkan informasi dan merespon informasi tanpa harus menghabiskan waktu.

Terkait dengan content informasi atau berita yang disajikan,  tetap berpedoman pada news balance dan mengacu pada prinsip-prinsip penyajian berita yakni 5W dan 1H, yakni what (apa), who (siapa) where (dimana) when (kapan), why (mengapa) dan How (bagaimana).

5W dan 1H sudah menjadi patokan dalam menulis sebuah lead atau inti berita. Hanya dengan membaca lead, kita sudah bisa memahami apa isi beritanya.

Sedangkan terkait dengan pengelolaan  informasi dan dokumentasi, maka segala bentuk informasi sudah semestinya dikelola dengan baik, terpola dan terstruktur. Hal ini akan  memudahkan kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan  informasi ini.*** (admin/mn)