Inovasi Pelayanan Adminduk Dilaunching Hari Ini!
KEBUMENKAB.GO.ID - Tiga inovasi baru yang dilaunching di Hotel Moxolie, Kebumen itu yakni, Inovasi Pelayanan Adminduk (Inovasi "Pancen Maen", Inovasi "Kios Pelanduk" dan Inovasi "Pulpen ASN".
Inovasi Pancen Maen ( Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Online Masyarakat Kebumen ) yang melayani KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran atau Kematian, Pindah Keluar, Pindah Datang dan Sinkronisasi Data. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam kepengurusan dokumen administrasi kependudukan. Dengan adanya inovasi ini, masyarakat tidak perlu mengantri mengurus dokumennya. Karena bisa dilakukan dari rumah dengan mendaftar melalui smartphone android. Denga begitu bisa mengurangi biaya operasional pengurusan adminduk. Masyarakat hanya perlu datang satu kali ke Dinas Dukcapil saat pengambilan dokumen yang sudah jadi.
Pulpen ASN ( Paket Untuk Layanan Pensiunan ASN), yakni sebuah inovasi untuk mempermudah para pensiunan ASN dalam memperoleh dokumen kependudukan. Hal ini meringankan beban pensiunan dalam pengurusan dokumen kependudukan. Pensiunana cukup menyerahkan berkas asli yakni KK dan KTP Elektronik ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kebumen. Untuk selanjutnya diserahkan ke Dinas Dukcapil untuk diproses. Inovasi ini bertujuan untuk mempermudah pegawai pensiunan dalam mendapatkan dokumen-dokumen kependudukannya. Yaitu para ASN yang pensiun pada saat menerima SK Pensiunan atau Taspen, langsung mendapatkan dokumen kependudukan berupa KK dan KTP Elektronik, dengan status pekerjaan berubah menjadi pensiunan.
Kios Pelanduk (Pelayanan Administrasi Kependudukan). Merupakan salah satu contoh inovasi pelayanan publik di desa/kelurahan yang melayani KK, Akta Kelahiran/Kematian dan Pindah Datang. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan.
Dijelaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen, Maskhemi, inovasi yang dikeluarkan pihaknya merupakan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.
" Dengan tiga inovasi ini maka secara otomatis masyarakat akan jauh lebih dimudahkan. Mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke kota untuk mengurus dokumennya." jelas Maskhemi yakin. (dp)