Penguatan Kelembagaan KIM, Diskominfo Sosialisasikan Kewaspadaan COVID-19
KEBUMENKAB.GO.ID - Sosialisasi tentang kewaspadaan COVID-19 terus didengungkan berbagai jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Kebumen. Dalam kegiatan penguatan kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) misalnya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen juga menyampaikan sosialisasi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengindari penyebaran COVID-19.
Disampaikan Agung Hariadi, Kepala Seksi Komunikasi dan Pengembangan Media Alternatif Dinas Kominfo Kebumen, masyarakat perlu paham cara untuk melindungi diri dan keluarganya dari bahaya virus corona. Bahkan sebelum dimulai acara, peserta melakukan cuci tangan menggunakan sabun, kemudian menjaga jarak aman selama pelaksanaan kegiatan.
" Bukan dengan panik, tapi dengan memahami benar hal yang harus dihindari supaya tidak tertular atau terpapar," jelas Hariadi.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan, Kamis (26/3) di Balai Desa Logandu Kecamatan Karanggayam itu, juga disampaikan materi tentang Teknik Penulisan Berita, yang disampaikan narasumber salah satu jurnalis/ wartawan Suara Merdeka, Supriyanto.
Disampaikan Supriyanto, untuk bisa menulis berita dengan baik, diperlukan pemahaman tentang materi berita yang akan disuguhkan pada pembaca.
" Banyak orang bisa menulis, tapi gagal menghadirkan sebuah berita yang dipahami pembacanya,"
Menurut Supriyanto, pembuatan judul yang menarik juga sangat penting agar orang tertarik untuk membaca berita yang dibuat. Tidak hanya itu, Supriyanto juga menggaris bawahi perlunya untuk memastikan sumber berita sebelum membagikannya dalam sebuah unggahan. Ia mencontohkan , kondisi saat ini, dimana semua orang tengah berusaha memerangi COVID-19.
Selain dari Suara Merdeka, tampil juga narasumber dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, Bambang Haryanto, yang menyampaikan materi tentang Pemasaran Digital Marketing. Yakni, bagaimana agar warga bisa menggunakan internet menjadi sebuah peluang usaha. Salah satunya dengan memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produknya.
" Membuat konten yang kreatif menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan pihak yang tepat adalah salah satu kunci pemasaran yang baik." jelas Bambang. (nov/dp)