Surat Menyurat Kedinasan Gunakan Surat Elektronik



Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen---Pemkab Kebumen akan menerapkan  penggunaan surat elektronik (e-mail) untuk kegiatan surat menyurat kedinasan di lingkungannya. Kebijakan tersebut sebagai upaya mewujudkan  efisiensi  dan efektifitas  kinerja  aparatur  Pemkab Kebumen.


Sekda  Kabupaten Kebumen  H Adi Pandoyo,SH,M.Si melalui surat nomor No 480/2197 tentang sosialisasi penggunaan email dinas mengatakan, secara bertahap penggunaan email dinas diharapkan  bisa  digunakan sebagai  media surat menyurat  antar SKPD, menggantikan fungsi percetakan kertas(paperless) dan biaya kurir surat.

Disampaikan juga Penggunaan email  diharapkan secara  efektif  dapat dipergunakan  setiap hari mulai Bulan Januari 2013.  Email diminta  untuk dibuka saat awal dan akhir jam kerja sehingga  apabila ada email yang masuk langsung bisa diketahui.

Untuk mendukung program tersebut,saat ini seluruh SKPD di Kebumen telah memiliki  email dinas. Mulai dari Dinas, kantor, Badan, Kecamatan hingga  Kelurahan. Termasuk  Bupati, wakil Bupati, Sekretaris daerah beserta asistennya  serta  staf ahli bupati juga telah memilikinya.

Tahap Persiapan dan Pengenalan


Kabid Komunikasi dan Informasi Dishubkominfo Kabupaten Kebumen H Kinanto,S.IP didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Program Multimedia dan Data Elektronik, Moch Nasir SH,MEng  mengatakan  mengingat  penggunaan email dinas membutuhkan keterlibatan banyak pihak dan persiapan yang matang, pelaksanaan program tersebut saat ini  masih dalam tahap uji coba dan pengenalan.

Termasuk menyiapkan sumber daya  manusia di tiap SKPD, dalam bentuk pelatihan-pelatihan  IT berbasis internet." Untuk ujicoba dilakukan  pertama kali  oleh Sekda dengan mengirim surat dinas ke seluruh SKPD, yang kemudian direspon  oleh tiap SKPD" imbuh Kinanto. -nn