Surat Menyurat Kedinasan Gunakan Surat Elektronik
Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen---Pemkab Kebumen akan menerapkan penggunaan surat elektronik (e-mail) untuk kegiatan surat menyurat kedinasan di lingkungannya. Kebijakan tersebut sebagai upaya mewujudkan efisiensi dan efektifitas kinerja aparatur Pemkab Kebumen.
Sekda Kabupaten Kebumen H Adi Pandoyo,SH,M.Si melalui surat nomor No 480/2197 tentang sosialisasi penggunaan email dinas mengatakan, secara bertahap penggunaan email dinas diharapkan bisa digunakan sebagai media surat menyurat antar SKPD, menggantikan fungsi percetakan kertas(paperless) dan biaya kurir surat.
Disampaikan juga Penggunaan email diharapkan secara efektif dapat dipergunakan setiap hari mulai Bulan Januari 2013. Email diminta untuk dibuka saat awal dan akhir jam kerja sehingga apabila ada email yang masuk langsung bisa diketahui.
Untuk mendukung program tersebut,saat ini seluruh SKPD di Kebumen telah memiliki email dinas. Mulai dari Dinas, kantor, Badan, Kecamatan hingga Kelurahan. Termasuk Bupati, wakil Bupati, Sekretaris daerah beserta asistennya serta staf ahli bupati juga telah memilikinya.
Tahap Persiapan dan Pengenalan
Kabid Komunikasi dan Informasi Dishubkominfo Kabupaten Kebumen H Kinanto,S.IP didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Program Multimedia dan Data Elektronik, Moch Nasir SH,MEng mengatakan mengingat penggunaan email dinas membutuhkan keterlibatan banyak pihak dan persiapan yang matang, pelaksanaan program tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba dan pengenalan.
Termasuk menyiapkan sumber daya manusia di tiap SKPD, dalam bentuk pelatihan-pelatihan IT berbasis internet." Untuk ujicoba dilakukan pertama kali oleh Sekda dengan mengirim surat dinas ke seluruh SKPD, yang kemudian direspon oleh tiap SKPD" imbuh Kinanto. -nn