Mengenal Curug Kedondong di Desa Gunungsari

KARANGGAYAM – Air terjun atau curug Kedondong terletak di Desa Gunungsari kecamatan Karanggayam. Curug ini berjalak sekitar 17 Km berkendara ke utara Kota Karanganyar dan sejauh 26 Km berkendara ke arah barat laut Kota Kebumen. Curug yang juga dikenal dengan sebutan Curug Gunungsari ini memiliki ketinggian sekitar 23 meter. Air di Curug Kedondong tidak mengucur dan terjun melainkan merayap melalui batuan andesit yang berukuran besar. Lokasinya sekitar 450 meter dari permukiman warga terdekat dengan berjalan kaki melewati lahan garapan warga.

Curug Kedondong memiliki suasana alam yang masih sangat alami. Maklum saja, curug ini belum terjamah manusia luar kecuali warga desa setempat. Curug ini berada di batas hutan pinus dengan hutan garapan warga. Jadi, sumber air dari Curug Kedondong merupakan dari aliran sungai di sela sela hutan pinus diatasnya. Sungai yang berarah Barat ke timur tersebut berasal dari bukit bukit di bagian hulunya seperti Bukit Igir Kunir, Bukit Igir Gepuk dan Bukit Batok. Nah, Curug Kedondong berada di bagian timur dari Bukit Batok.

Curug Kedondong (Sumber IG: @namanyamurni)

Curug Kedondong tidak memiliki kolam untuk berenang ataupun berendam. Hal tersebut karena dibawah curug hanya terdiri dari bongkahan bongkahan batu. Curug Kedondong juga tidak banyak dikelilingi pohon rindang sehingga akan cukup panas jika harus berlama lama dibawah air terjun saat cuaca panas terik. Namun tak perlu risau, pengunjung tetap bisa berteduh di pohon-pohon dan gubuk yang tak jauh dari curug.

Curug Kedondong bukalah tempat wisata yang dikelola. Bagi pengunjung yang ingin melihat dan merasakan kesegaran air serta pemandangannya harus rela berjalan kaki dan bersusah payah terlebih dahulu. Untuk menuju ke lokasi ini Lintas Kebumen mencoba untuk memberikan rutenya:

Klik untuk memperbesar.

Rute: Dari Karanganyar mengambil ruas jalan menuju Karanggayam atau melalui Jl. Raya Karanggayam hingga bertemu pertigaan yang tak jauh dari SDN 1 Kalirejo. Ambil jalan ke kanan meskipun arah ke kiri juga bisa. Ambil jalan ke kanan menuju Jl. Raya Logandu, setelah berkendara selama 3 menit atau 2,5 km kemudian akan menemui pertigaan. Lurus ke Desa Logandu dan ke kiri ke desa Gunungsari. Ambilah ke kiri dan ikuti jalan sekitar 2 Km dan belok ke kiri lagi. “Ingat, tidak sampai SDN 1 Gunungsari dan Pasar Soma”