Citra Kemasan Angkat Produk UMKM

GOMBONG – Sebagai wujud kepedulian pada pelaku usaha lokal atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya dari Kebumen, Roemah Martha Tilaar (RMT) bekerja sama dengan Gambaran Brand, BINUS University dan Tokopedia mengadakan program Citra Kemasan di kampus BINUS Syahdan, Jakarta, baru baru ini.

Sasaran program ini adalah sekelompok UMKM Kebumen yang selama ini mendapat pendampingan lewat program Brandstart. Citra kemasan yang diikuti para mahasiswa semester IV BINUS University Jakarta memberikan tantangan untuk mendesain kemasan yang selanjutnya akan dipasarkan di toko daring (online) Tokopedia.

Dalam program ini, 15 mahasiswa mendapatkan tantangan sekaligus pengalaman baru untuk mengaplikasikan teorinya membuat packaging atau kemasan untuk beragam produk UMKM. Dengan kemasan yang menarik secara langsung dapat meningkatkan citra produk dan menambah nilai jual.

Ketua Yayasan Rumah Budaya Roemah Martha Tilaar (RMT) Wulan Tilaar menuturkan melalui program Citra Kemasan ingin mencoba mewujudkan mimpi para UKM yang ada di daerah dan mahasiswa yang sedang mencoba meraih mimpi.

Citra Kemasan merupakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari Gambaran Brand yang mendapat respons positif dari berbagai pihak yang memiliki keinginan memajukan produk lokal.

Ciptakan Identitas

Olivia Briggita salah satu peserta program Citra Kemasan yang karyanya berhasil terpilih menjadi pemenang pembuat kemasan Yuam Coffee mengungkapkan rasa suka citanya dengan keberadaan program ini. ’’Kami sebagai mahasiswa mampu mengerjakan project secara real dan sekaligus menjadi tantangan,’’cetusnya.

Dengan waktu yang cukup singkat hanya empat minggu, Olivia mendesain kemasan dari klien Yuam Coffee dari Kebumen berbentuk kotak, bagian depan ditampilkan gambar kepala burung hantu dan bagian samping disentuh dengan batik.

Sementara UMKM Kebumen lain yang juga menjadi peserta Citra Kemasan ini antara lain Gula Semut Elegi, Hafafa Hand Boquet, Mimi Mumu Craft, Bros Bakar Bune dan olahan makanan Lezzad.

Business & Merchant Development Tokopedia, Arthur Putrajaya Firgo mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Citra Kemasan agar dapat membantu merchant untuk meningkatkan nilai jual di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Pengemasan pada sebuah produk sangat penting, ini bagian dari komunikasi dari produsen ke konsumen. Itu juga sangat penting direalisasikan pada sebuah bisnis. ’’UKM menyadari pentingnya brand dan packaging untuk menciptakan identitas.’’ (J19-42)

 

sumber : suaramerdeka.com