Pentingnya Manajemen Risiko Pada Level Pimpinan
KEBUMENKAB.GO.ID - Risiko (resiko) adalah kemungkinan terjadinya suatu peristiwa yang berdampak negatif terhadap pencapaian sasaran organisasi. Manajemen Risiko adalah budaya, proses, dan struktur yang diarahkan untuk memberikan keyakinan yang memadai dalam pencapaian sasaran organisasi dengan mengelola risiko pada tingkat yang dapat diterima.
Menyadari pentingnya sebuah manajemen risiko pada sebuah level pimpinan, Pemerintah Kabupaten Kebumen menjadi peserta dalam Web Workshop Manajemen Risiko. Kegiatan webinar (workshop yang dilakukan secara online), Rabu (27/8) ini diikuti dari Ruang Rapat Bupati Gedung F, Kompleks Setda Kab Kebumen. Selain Asisten 1 Heri Setiyanto, workshop juga diikuti Kepala Dinas Pendidikan Mohammad Amirudin, Inspektur Dyah Woro Palupi serta Kepala Bap3da Puji Rahayu.
Dijelaskan narasumber, bahwa proses manajemen risiko adalah penerapan kebijakan, prosedur, dan praktik manajemen yang bersifat sistematis atas aktivitas komunikasi dan konsultasi, penetapan konteks, identifikasi risiko, analisis, evaluasi, penanganan hingga pemantauan dan reviu.
Kategori risiko adalah pengelompokkan risiko berdasarkan karakteristik penyebab risiko yang akan menggambarkan seluruh jenis risiko yang terdapat pada organisasi. Kriteria risiko sendiri adalah parameter atau ukuran, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, yang digunakan untuk menentukan level kemungkinan terjadinya risiko dan level dampak atas suatu risiko pada level pimpinan.
Beberapa manfaat dari manajemen risiko di level pimpinan ini diantaranya, meningkatkan kualitas perencanaan dan meningkatnya pencapaian kinerja. Tidak hanya itu, manajemen risiko juga bisa menajdi sebuah media agar tercipta situasi kondusif para pemangku kepentingan dan meningkatnya kualitas pengambilan keputusan (luk/dp)